A. PENDAHULUAN

Tak dapat dimungkiri, derasnya informasi dan menjamurnya media online membuat sejumlah media cetak memilih gulung tikar karena menurunnya minat masyarakat terhadap media cetak. Oplag yang tidak sesuai dengan biaya operasional menyebabkan media terpaksa harus menutup medianya. Bahkan, beberapa media bermigrasi menjadi media daring atau online.

Namun, di tengah tumbangnya sejumlah media cetak, ada banyak media cetak (koran, tabloid, majalah) yang masih bertahan hingga sekarang. Sebut saja harian Kompas, Republika, Koran Tempo, Koran Sindo, Koran Jakarta (Jakarta), Pikiran Rakyat (Jawa Barat), Suara Merdeka, Tribun Jateng, Jateng Pos, Solopos (Jawa Tengah), Kedaulatan Rakyat, Minggu Pagi, Koran Merapi (Yogyakarta), Jawa Pos, Radar Surabaya, Malang Pos, Harian Bhirawa, Radar Madura, Kabar Madura (Jatim & Madura), dan sejumlah koran di luar Jawa seperti Riau Pos, Harian Analisa, Lampung Post, dll.

Bertahannya sebuah media cetak, selain karena minat baca masyarakat, juga tak lepas dari kontribusi penulis lepas dari luar redaksi yang bersedia mengirimkan karyanya berupa cerpen, puisi, opini, atau resensi buku. Karena itulah, media cetak seharusnya terus bersinergi dengan para penulis lepas agar tetap bersedia mengirimkan karya tulis mereka.

Selain halaman SASTRA BUDAYA yang lazim hadir setiap edisi Sabtu dan Minggu, media cetak biasanya membuka rubrik OPINI dan RESENSI BUKU. Rubrik ini terbuka bagi penulis luar redaksi, sehingga siapa pun bisa mengisi pada setiap edisinya. Jika dimuat, biasanya penulis akan mendapatkan honorarium yang layak. Nominal honor sangat beragam, tergantung media yang memuat tulisan tersebut. Namun, umumnya, media nasional dan beroplag besar nominal honornya lebih besar dari media lokal.

Meskipun banyak penulis yang beralih menulis untuk media online berbayar (biasanya honor tergantung banyaknya jumlah pengunjung), tapi ternyata masih banyak penulis yang tetap mengirimkan tulisannya ke media cetak. Karena, ada kepuasan tersendiri ketika nama kita terpampang di sebuah media cetak. Selain itu, tulisan di media cetak juga bisa menjadi “nilai lebih” bagi penulis yang aktif di dunia akademis seperti guru atau dosen.

Berangkat dari semangat itulah, kami bermaksud melaksanakan “Kursus Menulis Resensi Buku & Opini Media Massa”. Setahun yang lalu, kami fokus pada kursus menulis resensi buku saja, sehingga dengan terpaksa menolak calon peserta yang bermaksud mengikuti kursus menulis opini.

Karena itulah, pada kesempatan kali ini kami bermaksud melaksanakan dua kursus menulis resensi buku sekaligus opini untuk media massa.

B. MODEL KURSUS

Kursus menulis ini akan dilaksanakan secara online (via email), sehingga para peserta bisa membaca materi kursus kapan saja, tanpa mengganggu aktivitas utama. Adapun materi kursus dikirim secara bertahap, sesuai jumlah pertemuan yang telah ditentukan.

C. WAKTU PELAKSANAAN

Kursus ini akan dimulai pada tanggal 5, 9, 12, dan 16 Oktober 2017 (4x pertemuan). Calon peserta bisa cek email pada hari dan tanggal pelaksanaan kursus dan bisa membacanya kapan saja. Setelah materi selesai ditelaah, peserta diharapkan bisa menyetor hasil praktik berdasarkan materi yang telah dikirim.

Tidak hanya berhenti pada 4x pertemuan (materi), peserta akan dimasukkan ke GRUP WHATSAPP, sehingga mereka bisa bertanya sekaligus berdiskusi dengan peserta lain, tentang apa saja yang berkenaan dengan materi kursus yang telah dibaca.

D. BIAYA

Biaya kursus online ini cukup murah dengan perincian:

  • Resensi Buku: Rp.100,000 (Seratus Ribu Rupiah)
  • Opini: Rp100,000 (Seratus Ribu Rupiah)
  • Paket Resensi Buku & Opini: Rp150,000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

Calon peserta bisa memilih kursus sesuai minat. Bisa OPINI saja, atau RESENSI saja. Atau, bisa memilih dua-duanya dengan cara bayar paket (hemat Rp50,000)

E. FASILITAS

  • Setiap peserta akan mendapatkan materi pelatian (dikirim secara bertahap sesuai jumlah pertemuan / pemberian materi).
  • Bebas konsultasi via Grup WA, japri Pemateri lewat WA atau inbox Facebook.

F. CARA DAFTAR

Calon peserta bisa daftar dengan cara mengirim pesan WA/Facebook dengan menyertakan Nama, Email, dan No. WA (untuk kepentingan komunikasi dan diskusi lewat grup WA).

G. PEMBAYARAN

Pembayaran dilakukan setelah calon peserta mengirimkan data diri lewat WA/Facebook. Pembayaran dilakukan via transfer bank maksimal 3 Oktober 2017.

Salam,

UNTUNG WAHYUDI

WA: 087-850-350-345

ganda rudolf
Resensi karya Ganda Rufdolf, Peserta Kursus Resensi #Season1 (Koran Jakarta, 01 Agustus & 24 Oktober 2016)
atra habibi
Resensi karya Fatoni Prabowo Habibi, Peserta Kursus Resensi #Season1 (Koran Jakarta, 6 &13 September 2017)
KLIPING RESENSI KORAN
Kliping Resensi Untung Wahyudi di Koran Tempo, Jawa Pos, Suara Merdeka, Detik, Bisnis Indonesia, Koran Jakarta

2 thoughts on “Kursus Menulis Resensi Buku & Opini Media Massa

Leave a comment