(Koran Jakarta, 28 Agustus 2018)

Setiap orang lazim merencanakan masa depan dengan terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang bekerja kantoran, menjadi Pegawai Negeri Sipil, bahkan tenaga buruh kasar di pelbagai perusahaan. Semua dilakukan agar kelak bisa hidup tenang dan nyaman di masa depan.

Namun, pernahkah kita berpikir bagaimana saat masa tua atau pensiun tiba? Di saat pikiran dan tenaga sudah tidak seperti usia muda. Bagaimana mengantisipasi semua itu agar tak menjadi beban bagi anak-anaknya kelak?

Investasi adalah salah satu pilihan yang biasa dilakukan oleh banyak orang yang sudah menjelang atau memasuki masa-masa pensiun. Ada banyak macam investasi yang diharapkan mampu menghasilkan Passive Income di masa depan, salah satu caranya adalah berinvestasi dengan menjalankan bisnis di bidang properti kost, sebagaimana dibahas Iwan Kenrianto dalam buku Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti “Kost”.

Dalam buku ini, penulis mengajak pembaca, terutama orang-orang yang memikirkan bagaimana saat memasuki masa pensiun, untuk membuka pikiran dan berusaha menjalankan bisnis di bidang properti kost. Menurut Iwan, investasi properti adalah salah satu jenis investasi yang populer di masyarakat. Selain dipercaya harganya selalu naik, properti juga dapat menjadi mesin cash flow (passive income) seperti properti kost atau hotel.

Lalu, kenapa bisnis properti kost cukup menggiurkan bagi sebagian kalangan sebagai salah satu investasi untuk membangun passive income mereka? Riset yang dilakukan Ignatius Untung selaku Country General Manager rumah123.com patut untuk direnungkan, bahwa pada 2021, generasi milenial yang bekerja dan bermukim di Jakarta terancam tidak bisa membeli dan memiliki rumah. Hal ini dipicu berdasarkan data yang didapat, di mana pendapatan rata-rata generasi milenial saat ini adalah Rp6.072.111 per bulan. Sedangkan untuk dapat mencicil rumah di Jakarta dengan harga termurah Rp300 juta (biasanya berbentuk apartemen), dibutuhkan pendapatan minimal Rp7,5 juta per bulan. Padahal, dengan asumsi kenaikan harga properti mencapai minimal sekitar 20% per tahun sedangkan kenaikan gaji hanya minimal sekitar 10% per tahun (hlm. 14).

Berdasarkan riset Ignaitius Untung itulah, Iwan Kenrianto menilai bahwa berinvestasi di bidang properti kost dengan cara menyewakan kepada generasi mileniail adalah kesempatan emas yang perlu dicoba agar bisa mendapatkan passive income yang lumayan besar. Karena saat ini, properti dipercaya sebagai media investasi yang sangat baik, karena harganya terus meningkat dan bisa mendatangkan hasil bila disewakan (hlm. 20).

Banyak hal yang perlu diketahui seputar bagaimana membangun investasi di bidang properti kost yang dikisahkan Iwan selaku praktisi di bidang bisnis properti ini. Lebih lanjut Iwan menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi properti kost. Pertama, carilah informasi yang tepat, seperti informasi suku bunga terbaru, informasi rencana pengembangan kota, informasi mengenai status zona area properti tersebut, status kepemilikan tanah, kelengkapan dokumen legalitas, dan lainnya.

Kedua, calon investor harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli properti kost, dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya. Ketiga, lokasi yang tepat dalam memilih properti kost juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan karena akan menyangkut berapa besar akupansi penghuni kost ketika beroperasi. Keempat, memilih developer yang tepat apabila investor memilih untuk berinvestasi pada lahan yang masih berupa konsep/gambar. Kelima, pembiayaan yang tepat, yaitu bagaimana cara membayar properti yang akan dibeli tersebut. Apakah akan membayar langsung cash keras atau kredit melalui pihak bank/investor (hlm. 41).

Banyak hal dibahas oleh penulis dalam buku yang bisa menginspirasi siapa saja yang ingin terjun dalam bisnis bidang properti ini. Tak hanya berisi seputar motivasi dan langkah-langkah menerjuni bisnis properti, dalam buku ini penulis juga dengan blak-blakan menceritakan bagaimana terjun dalam bisnis dengan modal minimal bahkan tanpa modal, rahasia membuat hunian properti kost selalu penuh, harga sewa bagus, dan tentunya aman dan nyaman bagi penghuni kost. (*)

Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti “Kost” | Iwan Kenrianto | Gramedia Pustaka Utama | Pertama, 2018 | 130 Halaman

Rahasia Sukses Membangun Kesuksesan Lewat Bisnis Properti Kost - Koran Jakarta - 28 Agustus 2018 - Untung Wahyudi

Leave a comment